Buah Kurma Buah Penuh Berkah

 

Bismillah, 19 Rajab 1434H, Infotaucantik.com, Kami hadir menyapa dengan senyuman dan salam, bagaimana kabar sahabat hari ini ?, semoga selalu sehat wal ‘afiat. Kemarin kami menyuguhkan menu kuliner Coto. Saatnya, menyediakan Buah Kurma sebagai buah yang sangat baik untuk dikonsumsi, dan Rasulullahpun menyunnahkan untuk menjadikannya sebagai hidangan karena penuh barokah, dan Rasulullah selalu mengutamakan buah kurma untuk berbuka puasa.
Buah Kurma Buah Penuh Berkah

“Rasulullah SAW berbuka puasa dengan beberapa biji buah kurma sebelum sembahyang. Sekiranya tiada terdapat kurma, maka Baginda akan berbuka dengan beberapa biji anggur. Sekiranya tiada anggur, maka Baginda meminum beberapa teguk air“ (Hadis riwayat Ahmad).
Bulan Romadhon sudah semakin dekat, marilah kita menyimak kandungan dari Buah Kurma yang sangat baik untuk kesehatan, menjadikannya sebagai hidangan pembuka pada bulan Romadhon tahun ini.

1.    Kaum Arab Badui, yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.

2.  Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.

3.  Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.

4. Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.

5.  Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A  diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

6.  Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.

7.  Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.

8.  Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.

9.   Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.

10. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.

11.  Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.

12. Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu  piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah  dan metabolisme tulang.

Subhanallah, begitu banyak kandungan di dalam Buah Kurma, semoga menjadi buah favorit dalam kehidupan sehari-hari, menjadi teman setia di setiap perjalanan yang melelahkan. Semoga artikel ini, bermanfa’at untuk seluruh sahabat infotaucantik. Salam hangat dari Kami.

Sumber : Majalahkesehatan.com

Buah Kurma Buah Penuh Berkah 4.5 5 Unknown Bismillah, 19 Rajab 1434H, Infotaucantik.com , Kami hadir menyapa dengan senyuman dan salam, bagaimana kabar sahabat hari ini ?, semoga sel...


7 komentar:

  1. masyaallah...kurama disni menjadi jajan wajib...
    minmal saat puasa dan lebaran...

    memang masyaallah....
    segala yang dilaksanakan oleh rasul apalagi dianjurkan, pasti punya faedah yang luar biasa


    kunjungan balik bila berkenan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, disana banyak kurma yah :D

      oke, tunggu kunjungn dari kami

      terima kasih telah berkunjung

      Hapus
  2. manfaat kurma memang banyak sekali, makanya menjadi favorit di keluarga saya. bahkan, sampai mencoba menanam kurma di halaman samping rumah. sayangnya, karena seringnya hujan yang bergantian sama panas, akhirnya mati juga :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. masyaAllah, iyya mbak,

      kurma githu loh :D
      pernah jg saya menanam kurma, tp kagak besar2, githu2 aja trus hingga mati karena kelebihan air

      terima kasih telah berkunjung :D

      Hapus
  3. Manfaat buah Kurma memang tiada duanya.

    sayang di Indonesia masih kecil daya tumbuhnya.

    Seandainya di Indonesia subur pastilah masyarakatnya sehat-sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah, itulah mas imam,
      kurma itu ciri khas negara timur
      kitakan ciri khasnya, kaya akan rempah2.. xixix

      terima kasih telah berkunjung

      Hapus
  4. Buah kurma merah sungguh manis sx .apa lagi abs metik lalu dimakan wat brbuka sungguh nikmat..tpi jngan lpa dicuci dl biar gk skit perut :-) ...

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. kami akan menyeleksi komentar yang akan kami terbitkan. live link akan kami hapus. Terimah kasih