Jenis-Jenis Teknologi Pengairan Dalam Bidang Pertanian

 

Bismillah, 20 Rajab 1434H, Infotaucantik.com. Hari ini, kami akan membahas sedikit tentang sebuah teknologi pada penerapan dibidang pertanian, berhubung salah satu admin dari kami bergelut dibidang pertanian jurusan teknologi pertanian yang fokus pada bidang ilmu Pra panen, persiapan segala hal yang dilakukan sebelum menanam dan sebelum panen, salah satunya adalah sistem pengairan yang baik, penyediaan alat dan mesin pertanian dan beberapa bidang ilmu lainnya.

Rugi rasanya, jika ilmu ini hanya untuk diri saya pribadi, tanpa harus berbagi dengan sahabat, barangkali ada diantara para sahabat yang membutuhkan, hari ini ataupun esok dan esoknya, saya hanya berniat berbagi sebuah ilmu, tiadalah guna ilmu jika tak mampu diberikan kepada yang lain.

insyaAllah, hari ini, kami akan fokus membahas persiapan pra panen dari masa menanam hingga mendekati panen, penyediaan kebutuhan air yang cukup untuk tanaman, ada beberapa alternatif penyediaan air (pengairan) agar tanaman selalu mendapatkan asupan yang cukup pada proses pertumbuhan menurut Schwab et. al. (1981), terbagi atas 4.
Jenis-Jenis Teknologi Pengairan Dalam Bidang Pertanian
Gbr. 1. Surface Irrigation

1).  Pemberian air di permukaan tanah (surface irrigation)
Pemberian air di permukaan tanah meliputi penggenangan (flooding), biasanya di persawahan, dan pemberian air melalui saluran-saluran (furrow irrigation) dan dalam barisan tanaman (corrugation irrigation).



Jenis-Jenis Teknologi Pengairan Dalam Bidang Pertanian
Gbr. 2. Subsurface Irrigation

2) Pemberian air di bawah permukaan tanah (subsurface irrigation)
Pemberian air di bawah permukaan tanah dilakukan dengan menggunakan pipa (tiles) yang dibenamkan ke dalam tanah. Pemberian air di permukaan dan di bawah permukaan tanah disebut juga pengairan gravitasi, karena air dialirkan berdasarkan gaya berat air. 



Gbr. 3. Sprinkle Irrigation

3) Penyiraman (sprinkle irrigation)
Pemberian air dengan cara penyiraman mancakup oscillating sprinkler dan rotary sprinkler, semuanya disebut juga overhead irrigation karena air diberikan atau disiramkan dari atas seperti air hujan. Pemberian air dengan penyiraman sangat efisien. Pada tanah bertekstur kasar, efisiensi pemakaian air dengan penyiraman dua kali lebih tinggi dari pemberianair permukaan. 




Jenis-Jenis Teknologi Pengairan Dalam Bidang Pertanian
Gbr. 4. Trickle Irrigation

4) Irigasi tetes (drip or trickle irrigation)
Pada irigasi tetes, air diberikan dalam kecepatan yang rendah di sekitar tanaman menggunakan emitter. Pada pemberian air dengan penyiraman dan irigasi tetes, ke dalam air pengairan dapat ditambahkan pestisida atau pupuk.

Dalam bidang pertanian, terdapat 4 jenis pengairan/irigasi seperti yang sudah kami jelaskan di atas. insyaAllah, kedepannya kami akan membahas lebih terperinci lagi tentang teknologi pengairan tersebut.

Semoga sedikit penjelasan ini, mampu memberi info kepada sahabat tentang teknologi yang biasanya diterapkan dalam bidang pertanian. Salam hangat dari kami Infotaucantik.com
Jenis-Jenis Teknologi Pengairan Dalam Bidang Pertanian 4.5 5 Unknown Bismillah, 20 Rajab 1434H, Infotaucantik.com . Hari ini, kami akan membahas sedikit tentang sebuah teknologi pada penerapan dibidang pertan...


9 komentar:

  1. irigasi memang paling utama dalam pertanian. tapi pernah ada sejarahnya, pertanian jaman dulu tanpa irigasi tanah seperti sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyya, irigasi mampu menghemat waktu dalam penyiraman, serta pengaturan penggunaan air, sehingga pemberian air sesuai dengan kebutuhan tanaman, sebagian besar masyarakat masih menggunakan cara yang manual dalam pengelolaan sistem pertanian, semoga kedepannya lebih maju lagi, amin

      terima kasih telah mampir

      Hapus
  2. Wah baru tahu, Makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bermanfaat info aku bunda niar :D

      terima kasih telah mampir, salam blogger kota daeng

      Hapus
  3. MAmpir lagi ke blognya Neni .... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih telah mampir untuk ke-dua kalinya bunda

      Hapus
  4. Mohon panduan untuk Sprinkle Irrigation Pak ??? 0813 6161 7090 SMS

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. kami akan menyeleksi komentar yang akan kami terbitkan. live link akan kami hapus. Terimah kasih