Aplikasi GPS

 


Bismillah, 23 Februari 2013
Infotaucantik. Maraknya dunia teknologi, memudahkan kita dalam mengakses dan mencari sesuatu yang kita butuhkan dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Komputer, laptop, HP, GPS dll, adalah alat teknologi yang digunakan saat ini, semakin hari perkembangan moderasi alat semakin canggih.

Aplikasi GPS
Sobat, kita akan membahas tentang Aplikasi Global Positioning System (GPS). GPS adalah sistem yang digunakan untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan sinyal satelit.  24 jenis satelit yang digunakan untuk mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan dan digunakan untuk menentukan letak, kecepatan, arah dan waktu. Penggunaan GPS sangat membantu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, berikut beberapa penerapan aplikasi GPS.

1. Pertanian 
Saat ini, negara-negara berkembang telah mulai memanfaatkan teknologi GPS dalam bidang produksi pertanian. Disebut dengan "pertanian presisi." Dengan metode ini, penggunaan GPS untuk memperoleh informasi pemosisian lahan pertanian, termasuk memantau hasil panen, mengumpulkan sampel tanah, dan sebagainya. Sistem komputer menganalisis, memroses data, dan membuat keputusan melalui pendekatan manajemen untuk lahan pertanian. Informasi status hasil panen dan tanah diintegrasikan ke dalam alat GPS yang dipasang pada alat penyiram, yang akan digunakan untuk melakukan pemupukan presisi dan penyemprotan pestisida. Melalui penerapan pertanian presisi, biaya produksi pertanian dapat berkurang, limbah material dapat dihindarkan, dan polusi lingkungan karena pupuk dan insektisida menjadi minim.

2.    Militer
GPS digunakan untuk keperluan perang, seperti menuntun arah bom, atau mengetahui posisi pasukan berada. Dengan cara ini maka kita bisa mengetahui mana teman mana lawan untuk menghindari salah target, ataupun menetukan pergerakan pasukan.

3.    Sistem pelacakan kendaraan
Kegunaan lain GPS adalah sebagai pelacak kendaraan, dengan bamtuan GPS pemilik kendaraan/pengelola armada bisa mengetahui ada dimana saja kendaraannya/aset bergeraknya berada saat ini.

4.    Sistem informasi geografs
Untuk keperluan Sistem Informasi Geografis, GPS sering juga diikutsertakan dalam pembuatan peta, seperti mengukur jarak perbatasan, ataupun sebagai referensi pengukuran.

5.    Navigasi
GPS banyak juga digunakan sebagai alat navigasi seperti kompas. Beberapa jenis kendaraan telah dilengkapi dengan GPS untuk alat bantu navigasi, dengan menambahkan peta, maka bisa digunakan untuk memandu pengendara, sehingga pengendara bisa mengetahui jalur mana yang sebaiknya dipilih untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

6.    Pemantau gempa
Bahkan saat ini, GPS dengan ketelitian tinggi bisa digunakan untuk memantau pergerakan tanah, yang ordenya hanya mm dalam setahun. Pemantauan pergerakan tanah berguna untuk memperkirakan terjadinya gempa, baik pergerakan vulkanik ataupun tektonik.

Demikianlah artikel tentang Aplikasi GPS, semoga sahabat infotaucantik dapat memanfaatkan artikelnya, salam hangat


Aplikasi GPS 4.5 5 Unknown Bismillah, 23 Februari 2013 I nfotaucantik . Maraknya dunia teknologi, memudahkan kita dalam mengakses dan mencari sesuatu yang kita ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik dan sopan. kami akan menyeleksi komentar yang akan kami terbitkan. live link akan kami hapus. Terimah kasih