Makan menggunakan Tangan

 

Bismillah, 17 Januari 2013, Info tau cantik. Helo sobat, kalau sobat makan menggunakan apa yach ? apakah menggunakan sendok, garpu atau malah menggunakan kedua alat makan ini. Mengapa sobat tidak menggunakan tangan ?. Kalau menggunakan tangan, kotor, bau, apalagi jika harus makan diluar rumah, misalnya dikantin, warung makan, ikh malu-maluin dilihat orang, makan pake tangan, sudah tidak zaman. Weetss, sobat tahu tidak, Makan Menggunakan Tangan itu Sunnah Rasul.

Rasulullah SAW bersabda “Wahai anakku, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, dan makanlah makanan yang berada di dekatmu.” (HR Bukhari no. 5376 dan Muslim 2022).

Rasulullah SAW menyuruh untuk menyebut nama Allah sebelum makan, mengapa ?, karena menyebut nama Allah untuk mencegah syaitan ikut menikmati makanan yang kita makan. Rasulullah SAW menyuruh menggunakan tangan kanan karena Syaitan itu makan dengan menggunakan tangan kiri, kalian tidak inginkan disamakan dengan syaitan. Dari Jabir bin Aabdillah radhiyallahu ‘anhu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “janganlah kalian makan dengan tangan kiri karena syaitan itu juga makan dengan tangan kiri.” (HR Muslim no. 2019).


Makan menggunakan tangan terbukti lebih menyehatkan karena dalam tangan terdapat enzim RNAse yang dapat mengikat bakteri sehingga tingkat aktivitasnya sangat rendah ketika masuk bersama makanan ke saluran pencernaan tubuh.

Tujuan utama enzim RNAse digunakan dalam analisis genetik, untuk mendegradasi RNA, sehingga yang tinggal dari sebuah sel hidup adalah DNA-nya. Keterangan yang lebih tepat bisa dijelaskan oleh rekan-rekan dari kedokteran. Enzim ini selalu terkandung dalam jari-jari dan telapak tangan manusia, proses penyuapan makanan ke dalam saluran pencernaan akan mengikutkan enzim yang bisa mengikat sel bakteri sehingga aktivitasnya tidak maksimal. Begitu makanan masuk ke saluran pencernaan, maka enzim ini akan ikut mengikat pergerakan bakteri hingga ke saluran pembuangan.sedangkan makan menggunakan (misalnya) sendok, tidak ada yang bisa menahan laju aktivitas bakteri yang terkandung, baik di makanan atau alat makan itu sendiri.

Sobat cantik, sudah tahukan mengapa Rasulullah menyuruh, Makan Menggunakan Tangan saat  memasukkan makanan kedalam mulut, segala perintah dari Allah SWT dan Rasulullah SAW, tidak ada ruginya sobat, semua demi kepentingan dan keselamatan hidup kita.

Demikianlah TIPS sehat Sederhana. Sahabat selamat mencoba semoga berhasil. salam hangat dari tau cantik.






Makan menggunakan Tangan 4.5 5 tau cantik Bismillah, 17 Januari 2013,  Info tau cantik . Helo sobat, kalau sobat makan menggunakan apa yach ? apakah menggunakan sendok, garpu atau m...


6 komentar:

  1. mari makan dengan tangan kanan

    BalasHapus
  2. Sebagian org mengatakan bhw makan pake sendok termasuk sunnah, karena Rasulullah menganjurkan kita makan dgn 3 jari.
    Ka'b bin Malik berkata:
    كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْكُلُ بِثَلَاثِ أَصَابِعَ
    Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam maka dengan 3 jari. [Sahih Muslim]
    Sendok biasanya dipegang dgn 3 jari sedangkan makan nasi pake tangan biasanya lebih dari 3 jari. :)

    BalasHapus
  3. @Abu_hafs termah kasih mas hafs telah berkomentar untuk yang kedua kalinya,,, pernyataan mas hafis ada benarnya. tapi kalo kita perhatikan secara seksama hadis ka'ab bin malik tsb. maka kita bisa menarik kesimpulan bahwa yang menjadi semangat hadis tersbt bukan sebatas makan dengan 3 jari atau makan menggunakan sendok tp bagaimana cara Nabi saw dalam melahap makanan tdak terburu-buru dan tdak terlalu banyak. wallohu a'lam.

    BalasHapus
  4. iya nih, tidak hanya itu. makan juga di haruskan duduk. banyak orang2 yang tidak memperhatikan ini.

    BalasHapus
  5. hmmm lalu laapar,... makan yuk

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. kami akan menyeleksi komentar yang akan kami terbitkan. live link akan kami hapus. Terimah kasih